Minggu, 16 Mei 2010

Melakukan Defragmenter atau Perawatan Komputer

Cara kerja komputer hampir sama dengan cara kerja manusia, namun komputer tetaplah sebuah barang atau peralatan yang tidak bisa disamakan dengan manusia karena komputer dibuat oleh manusia untuk membantu manusia menyelesaikan pekerjaannya. Jadi sebenarnya komputer adalah pembantu manusia. benar bukan ? bagaimana kalau ada komputer tetapi tidak ada manusia ? apakah ada manfaatnya komputer tersebut ? Namun komputer didalam penggunaannya perlu juga dilakukan perawatan seperti manusia butuh refreshing, istirahat, tidur makan dan minum untuk menstabilkan kembali kondisi fisik agar lebih segar lagi untuk melakukan pekerjaan selanjutnya.
Begitu juga dengan komputer, perlu adanya perawatan terhadap komputer dalam kurun waktu tertentu untuk menjaga kestabilan dan optimasi kerja sebuah komputer itu sendiri.

Lalu apakah yang bisa dirawat pada komputer, secara garis besarnya ada dua bagian penting untuk dapat dilakukan perawatan yaitu pada hardware dan juga pada software. Pada hardware yaitu perawatan terhadap fisik dari komputer itu sendiri sedangkan pada software yaitu melakukan perawatan terhadap perangkat lunak yang digunakan komputer tersebut mulai dari sistem operasi serta aplikasi-aplikasi yang berjalan diatasnya.

Pada artikel ini tidak menjelaskan perawatan hardware komputer akan tetapi perawatan software komputer yang mudah dilakukan oleh semua pengguna komputer.

Perawatan yang dimaksud adalah melakukan defrag terhadap file-file yang berada di dalam media penyimpanan data seperti harddisk.

Bila pada komputer anda memiliki lebih dari 1 (satu) partisi maka defraglah satu persatu partisi, setelah partisi pertama selesai barulah partisi kedua didefrag.

Fungsi dari defrag itu sendiri untuk mengatur tataletak file-file yang sering dibuka oleh sebuah aplikasi agar menjadi lebih teratur sehingga didalam penggunaannya nanti akan lebih mudah dibaca oleh sistem operasi.

Berikut ini cara melakukan defrag terhadap file-file yang berada pada harddisk.

Klik menu Start - All Programs - Accessories-System Tools, kemudian pilih Disk Defragmenter. Selanjutnya klik pada partisi atau drive yang akan di defrag kemudian klik Defragment untuk melakukan proses defragmentasi dan tunggu hingga proses defrag selesai.

Perhatian !!

* Agar selama defrag berjalan diharapkan tidak membuka aplikasi atau program dengan kata lain tidak boleh ada aplikasi yang dibuka untuk memberikan kesempatan kepada defragmenter untuk melakukan pengaturan semua data yang ada di dalam media penyimpanan.
* Defragment harus dilakukan minimal sebulan sekali untuk menjaga teraturnya susunan data yang berada pada media penyimpan data.

0 komentar:

Posting Komentar